Kriteria Pelayanan yang Membedakan dengan Barang

Menurut Vincent Gaspersz (2002 : 70-71) terdapat sejumlah kriteria yang mencirikan pelayanan sekaligus membedakannya dengan barang, yaitu :
  1. Pelayanan merupakan output tak berbentuk (Intangible Output)
  2. Pelayanan merupakan output variabel, tidak standar.
  3. Pelayanan tidak dapat disimpan dalam inventori, tetapi dapat 
dikonsumsi dalam produksi.
  4. Terdapat hubungan langsung yang erat dengan pelanggan melalui 
proses pelayanan.
  5. Pelanggan berpartisipasi dalam proses memberikan layanan.
  6. Ketrampilan personel ”diserahkan” atau diberikan secara langsung 
pada pelanggan.
  7. Pelayanan tidak dapat diproduksi secara massal.
  8. Membutuhkan pertimbangan priadi yang tinggi dari individu yang 
memberikan pelayanan.
  9. Perusahaan jasa pada umumnya bersifat padat karya.
  10. Fasilitas pelayanan berada dekat lokasi pelanggan.
  11. Pengukuran efektivitas pelayanan bersifat subyektif.
  12. Pengendalian kualitas terutama dibatasi pada pengendalian proses.
  13. Option penetapan harga adalah lebih rumit.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik atau pelayanan umum adalah aktivitas yang dilaksanakan oleh pemberi layanan baik dalam bentuk penyediaan barang atau jasa yang ditujukan pada penerima layanan dalam rangka memenuhi kebutuhan penerima layanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TESIS PENDIDIKAN [KODE 08Y]

Tesis Ketahanan Nasional [Idtesis Soft-04/Tesis-PDF/Kode So.18]