Pelayanan Publik yang Ideal di Masyarakat Modern
Seiring dengan berbagai perkembangan yang terjadi di
masyarakat, kebutuhan akan pelayanan publik juga otomatis meningkat baik jenis maupun
kegiatannya. Setiap organisasi publik yang fungsinya menyelenggarakan pelayanan
publik harus selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada
masyarakat. Sebagai pihak yang ingin memperoleh pelayanan yang baik dan
memuaskan maka perwujudan pelayanan yang didambakan sebagaimana diungkapkan
oleh H.A.S Moenir (2008) adalah:
- Adanya kemudahan dalam pengurusan kepentingan dengan pelayanan yang cepat dalam arti tanpa hambatan yang kadangkala dibuat-buat.
- Memperoleh pelayanan secara wajar tanpa gerutu, sindiran, atau untaian kata lain semacam itu yang nadanya mengarah pada permintaan sesuatu, baik dengan alasan untuk dinas ( pembelian kertas, ganti ongkos fotocopy/cetak), atau alasan untuk kesejahteraan.
- Mendapatkan perlakuan yang sama dalam pelayanan terhadap kepentingan yang sama, tertib, tidak pandang ”bulu”, artinya kalau memang untuk pengurusan permohonan itu harus antri secara tertib, hendaknya semuanya diwajibkan antri, sebagaimana yang lain, baik antri secara fisik maupun antri masalahnya.
- Pelayanan yang jujur dan terus terang, artinya apabila ada hambatan karena suatu masalah yang tidak dapat dielakkan hendaknya diberitahukan, sehingga orang tidak menunggu-nunggu sesuatu yang tidak menentu.
Komentar