Kriteria Pelayanan yang Membedakan dengan Barang
Menurut Vincent Gaspersz (2002 : 70-71) terdapat sejumlah
kriteria yang mencirikan pelayanan sekaligus membedakannya dengan barang, yaitu
:
- Pelayanan merupakan output tak berbentuk (Intangible Output)
- Pelayanan merupakan output variabel, tidak standar.
- Pelayanan tidak dapat disimpan dalam inventori, tetapi dapat dikonsumsi dalam produksi.
- Terdapat hubungan langsung yang erat dengan pelanggan melalui proses pelayanan.
- Pelanggan berpartisipasi dalam proses memberikan layanan.
- Ketrampilan personel ”diserahkan” atau diberikan secara langsung pada pelanggan.
- Pelayanan tidak dapat diproduksi secara massal.
- Membutuhkan pertimbangan priadi yang tinggi dari individu yang memberikan pelayanan.
- Perusahaan jasa pada umumnya bersifat padat karya.
- Fasilitas pelayanan berada dekat lokasi pelanggan.
- Pengukuran efektivitas pelayanan bersifat subyektif.
- Pengendalian kualitas terutama dibatasi pada pengendalian proses.
- Option penetapan harga adalah lebih rumit.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik
atau pelayanan umum adalah aktivitas yang dilaksanakan oleh pemberi layanan
baik dalam bentuk penyediaan barang atau jasa yang ditujukan pada penerima
layanan dalam rangka memenuhi kebutuhan penerima layanan.
Komentar